Tuesday, March 15, 2016

Mengenal FTP

       Salah satu proses yang mempermudah anda melakukan proses upload dan download file adalah menggunakan cara FTP. FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol untuk melakukan transfer file via internet. Kita dapat mengambil dan meletakkan file ke dan dari serverdenganlebih mudah dan efisien. Kita dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk meng-update situs web dengan lebih mudah dibanding dengan menggunakan protokol HTTP.

       FTP menggunakan 2 protokol sekaligus, yaitu Telnet dan TCP. Sifat FTP adalah full duplex, artinya satu channel dapat digunakan untuk mentransmisikan data secara dua arah pada satu waktu yang sama. FTP memiliki karakteristik khusus, seperti:
  •  Multi fungsi: FTP dapat menangani transfer file untuk banyak tujuan.
  • Tipe file bebas: FTP dapat mentransfer file data apapun secara bebas, kita dapat mentransfer file gambar, video, teks, file yang bisa dieksekusi, dan sebagainya.
  • Autentifikasi dan kepemilikan: FTP memungkinkan file memilki kepemilkan dan batasan akses.
  • Mengakomodasi keragaman: FTP menyembunyikan detil sistem komputer tempat FTP server atau client berada.
       
       Ada 2 mesin yang diperlukan dalam sebuah transaksi FTP, yaitu mesih client atau biasa disebut local host dan mesin server yang disebut remote host. Dari kedua mesin tersebut, yang pertama kali memulai transfer adalah client.


       Spesifikasi FTP, awalnya bukanlah spesifikasi yang aman dalam mentransfer data. Karena tidak ada metode khusus untuk mentransfer data dalam metode terenkripsi. Artinya informasi penting seperti username, password, command FTP dan file yang ditransfer bisa dikuping oleh orang lain dari jaringan menggunakan software yang disebut packet sniffer.

       Karena itu, ada 3 prinsip mengamankan transfer FTP:
  1.  Jika server mendukung, usahakan terkonekai ke server menggunakan enkripsi, seperti SFTP ( SSH File Transfer Protocol).
  2. Gunakan prinsip security user normal, yaitu menggunakan password dan username. Server harus mengalokasi untuk tipa orang berupa username dan password yang kuat. Username dan password nantinya digunakan untuk mengakses server FTP.
  3. Konfigurasi sistem dengan benar. Misalnya FTP server harus dijalankan di sistem operasi yang modern, seperti Windows Server atau Linux yang teruji kredibilitasnya. Pastikan software FTP sever atau FTP client yang digunakan merupakan versi terbaru. Jumlah port yang digunakan harus minimal namun masih tidak mengganggu proses transfer.


Daftar pustaka :
  1. Wahana Komputer. 2007. Browsing dan Email Lebih Cepat dengan Mozilla Firefox dan Thunderbird. Jakarta. PT Elex Media Komputindo
  2. MADCOMS. 2008. Panduan Menggunakan Internet Untuk Pemula. Jakarta. Andi Publisher. https://books.google.co.id ( Diakses pada 14 Maret 2016 pukul 18.50 wib).
  3. Zaki, Andi dan SmitDev Community. 2009. Trik Mengamankan Komputer untuk Pemula. Jakarta. PT Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id (Diakses pada 14 Maret 2016 pukul 19.45 wib).



No comments:

Post a Comment