Friday, May 8, 2015

Tanggung Jawab Kita Serta Apa yang Kita Dapatkan




Kita pasti sering mendengar kata “tanggung jawab”, tapi masih banyak diantara kita yang belum memahami betul arti tanggung jawab. Tanggung Jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak desengaja. Tanggung jawab juga berkaitan dengan kewajiban. Kewajiban adalah sesuatu yang dibebankan terhadap seseorang. Jadi, ketika kita melaksanakan kewajiban kita maka kita harus menjalankannya dengan rasa tanggung jawab. Lalu, apa tanggung jawab kita kepada negara? Banyak sekali tanggung jawab kita untuk negara ini, tapi yang sering kita lakukan adalah membayar pajak dan menjaga kebersihan negara ini.
Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang sehingga dapat dipaksakan dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung. Jadi, dengan kata lain mau tidak mau kita harus membayar pajak karena itu adalah kewajiban kita sebagai warga negara. Namun, banyak sekali warga negara yang tidak mau membayar pajak. Mengapa demikian? Ada beberapa alasan yang sering diutarakan. Pertama, masih banyak koruptor-koruptor yang tak segan-segan mengambil uang kita yang seharusnya untuk negara tapi malah untuk kepentingan diri mereka sendiri. Sehingga kita sering merasa bahwa apa yang sudah kita bayarkan tapi tidak sesuai dengan keiinginan kita. Contoh nya saja dengan membayar pajak seharusnya fasilitas umum, jalan-jalan raya dan angkutan umum lebih dibaguskan lagi, tapi nyatanya, banyak sekali fasilitas-fasiliatas umum yang rusak serta angkutan umum yang hampir tidak layak pakai. Walaupun kita sering mengeluhkan  tentang hal itu, namun para wakil negara kita hampir tidak peduli dengan aspirasi kita. Mereka hanya mengeluarkan janji-jani yang sudah berulang-ulang kali kita dengar. Janji itu hanya untuk meredakan rasa kekesalan kita sementara atau bahkan menambahnya. Hanya beberapa wakil negara kita yang memikirkan tentang hal ini. Tapi ada pula yang malah memikirkan kepentingan untuk kaum mereka sendiri. Malah akhir-akhir ini terdengar kabar bahwa para anggota DPR ingin membuat gedung baru untuk bekerja. Tentu hal tersebut  menimbulkan pro dan kontra. Bagi para warga negara yang rajin membayar pajak, tentu hal ini membuat mereka berpikiran bahwa dikemana kan uang mereka, fasilitas saja tidak dibenarkan tapi sudah memikirkan gedung baru, padahal gedung yang lama saja masih layak pakai. Sungguh rasa keadilan yang tidak adil. Seharusnya sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk membuat warganya merasa nyaman tinggal di negeri sendiri.

Sudah sepatutnya permasalahan pajak dan penggunaannya ini menjadi hal yang dipikirkan jalan keluarnya. Kita sebagai warga sudah menjalankan tanggung jawab untuk membayar pajak, sekarang tinggal pemerintahlah yang menjalankan tanggung jawabnya untuk membuat masyarakatnya merasa nyaman.

No comments:

Post a Comment