Tuesday, May 10, 2016

Menganalisa Website Menggunakan Tools Alexa dan WebRank

Alexa.com

Alexa Rank adalah sebuah situs yang beralamat di www.alexa.com yang menyediakan fasilitas informasi tentang rangking/peringkat suatu situs, yang didasarkan pada jumlah trafik pengunjung yang masuk ke situs tersebut. Yang mana semakin besar trafficnya maka semakin tinggi peringkat dari situs tersebut dan juga sebaliknya semakin kecil traffiknya maka semakin rendah lah peringkat dari situs tersebut, hal ini sangatlah perlu diketahui oleh seorang blogger yang memang ingin menjadikan situsnya sebagai lahan bisnis.

Hasil analisa


Gambar di atas menunjukan angka rank dari website jakarta-tourism.go.id secara global maunpun lokal. Angka tersebut menandakan bahwa peringkat website tersebut berada pada peringkat 622,839 dan telah mengalami penurunan  peringkat sejauh 372,144. Sedangkan untuk peringkat di dalam negeri, website tersebut berada pada peringkat 16,890

                       
Selanjutnya pada alexa rank dapat dilihat juga presentase tentang keterlibatan pengunjung website jakarta-tourism.go.id dapat kita lihat bahwa presentasi dari bounce rate mengalami kenaikan sebesar 3,00%. Sedangkan presentase dari seberapa banyak pengunjung yang mengunjungi laman tersebut mengalami penuruan sehingga hanya mendapatkan 1,90 dan diperkirakan setiap 1 menit 41 detik halaman web tersebut dikunjungi oleh pengguna internet.


Dengan menggunakan tools alexa rank, kita juga dapat mengetahui siapa saja yang mengunjungi laman tersebut. Berdasarkan jenis kelamin dapat dilihat bahwa pengunjung terbanyak adalah laki – laki dan kebanyakan dari pengunjung tersebut adalah mahasiswa. Para pengunjung tersebut kebanyakan menggunakan internet dari kantor dan sedikit diantara mereka yang menggunakan internet di rumah.


WebRank

Webrank toolbar - berfungsi untuk menunjukan pagerank,alexa rank,backlink dan berbagai info lainnya mengenai web atau situs yang sedang kita kunjungi, toolbar ini akan secara otomatis memberitahukan kepada kita berapa Rank blog yang sedang kita kunjungi.

Hasil analisa

Hal pertama yang akan diberitahukan oleh WebRank tentang web yang sedang kita analisa adalah informasi umumnya, seperti domain dan main domain dari website tersebut. WebRank menggunakan score untuk menilai, dan di sini website dari jakarta-tourism.go.id mendapat score 1.11 dari 10.


Lalu kita dapat melihat grafik dari pengunjugn yang mengunjungi lama tersebut. Grafik di atas menjukan bahwa setiap bulannya webiste ini mengalami penurunan, hanya pada bulan Maret saja yang mengalami kenaikan pengunjung. Pada bulan Febuari mengalami jumlah pengunjung yang palign sedikit.


Dengan menggunakan WebRank, kita juga dapat mengetahui website apa saja yang memiliki kesamaan dengan website yang sedang kita kunjungi. Kesamaan di sini bisa berupa domain, ataupun negara dari website tersebut.


Sumber:
http://www.davotmarbun.com/2012/02/apakah-alexa-rank-itu-dan-apa-manfaat.html
http://www.afdhalilahi.com/2016/02/cara-instal-webrank-toolbar.html

No comments:

Post a Comment