Tuesday, April 12, 2016

Kebijakan Web



Kebijakan (Policy)

Kebijakan keamanan adalah pernyatan atas apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam menjalankan sebuah sistem. Metode, alat, atau prosedur untuk melaksanakan kebijakan keamanan tersebut dinamakan mekanisme keamanan. 

Internet yang kita kenal dengan dunia maya , merupakan medium untuk berkomunikasi layaknya dunia nyata. Sehingga kemungkinan timbulnya miss komunikasi yang mengakibatkan hubungan tidak baik antar sesama pengguna internet. Netiquette atau netiket adalah singkatan dari netter etiket, yaitu semacam aturan dan etika dalam berkomunikasi sesama pengguna internet, baik itu dalam komunikasi melalui email, mailing list, chatting, dan media komunikais lainnya, yang disepakati sebagai aturan dan etika yang umum.


  • Jangan pernah lupa bahwa orang yang sedang membaca e-mail atau posting Anda adalah manusia dengan perasaan yang bisa saja terluka. Berikut ini beberapa kata kunci yang dapat diingat bersama
  • Bersikap dan bertindaklah dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buru-buru menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet datang dari berbagai penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan terhadap sesuatu.
  • Netiquette bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama. Jadi, selalulah bersikap terbuka dan jika dibutuhkan, bersikaplah kritis tapi tetap konstruktif (membangun), dan bukan bersikap sebaliknya (negatif).
  • Tidak masalah bahwa apa yang sedang Anda pikirkan merupakan hal yang paling penting dari segalanya, tapi jangan berharap orang lain setuju dengan Anda.

Sumber :
  1. Yuhefizar. 2008. 10 Jam Menguasai Internet Teknologi Dan Aplikasinya. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.
  2. Noviandi, Luthfi., Shelvie Nidya Neyman. "Pembangunan Web Application Cloud Storage sebagai Implementasi Cloud Computing". http://apps.cs.ipb.ac.id/ojs/files/journals/2/articles/265/submission/original/265-707-1-SM.pdf. (Di akses pada tangga 12 April 2016 pukul 19.30)
  3. Nyekrip. 2015. Tersedia: http://www.nyekrip.com/kebijakan-privasi/

No comments:

Post a Comment