Sunday, October 25, 2015

Apa itu video 4K?

Gampangnya video 4K adalah video dengan resolusi sangat tinggi yang mampu merekam video resolusi 4x lebih detil dari video HD biasa, atau disebut juga dengan Ultra HD (UHD). Dalam hitungan piksel, maka bidang gambar dari video ini adalah 3840×2160 piksel (setara dengan foto 8 MP) yang melebar dengan aspek rasio 16:9.
Disebut 4K karena setidaknya ada 4.000 piksel dalam bentang horizontal-nya. Jika resolusi HDTV yang sudah sangat tajam itu adalah 1920×1080 atau 1080p, maka resolusi TV 4K dimulai dari 3849×2169 hingga 4096×3112 piksel. Sebagai perbandingan, resolusi retina dari laptop MacBook Pro terbaru itu maksimum hanya 2880 x 1800 piksel. Nah, resolusi 4K itu menjadi standar dari film digital yang digunakan di bioskop seperti Blitz Megaplex. Jadi, seandainya Anda memiliki smartphone yang dapat merekam video beresolusi 4K, artinya video tersebut memiliki standar setara bioskop!

4K hadir itu karena adanya ketidak puasan atas kualitas full HD, hah? perasaan kita aja wah banget sama full HD, apalagi kalau dapet film yang kualitas BRrip itu pasti seneng, senengnya karena videonya bagus, jelas, jernih, ya walaupun ukuran monitornya paling gede 22. Ketidakpuasan atas full HD itu kalau di negara orang itu wajar, karena mereka sudah terbiasa melihat tayangan full HD, dari mulat TV, film, dll. biar lebih jelasnya, ini nih gambaran perbandingan dari resolusi yang ada dengan 4K.
Keliatan banget kan bedanya? kita aja yang masih sangat jarang liat tontonan yang 2K apalagi jauh dari kata tidak puas. Orang- orang sana itu sudah bilang gak puas. Konon katanya dengan menggunakan resolusi 4K yang kaya akan warna dan sebagainya itu, seakan-akan kita melihat aslinya, mata kita dimanjakan lah itu intinya.
Hal lain dari 4K ini adalah akan membawa ukuran monitor semakin besar dan besar, apalagi ada standar diatas 4K yaitu 8K, ukuran monitor yang besar jadi cara yang gampang untuk mengukur kemampuan maksimal dari resolusi 4K, kalau masih kecil-kecil mah kayaknya kurang kerasa kali ya, karena pake yang kualitas BR aja udah wah.


Sumber:



No comments:

Post a Comment