Sunday, December 20, 2015

Game Art

Kalian pasti suka dengan yang namanya ngegame, zaman sekarang siapa sih yang tidak suka main game? Bahkan orang yang berkata tidak suka bermain game pada akhirnya ikutan main game juga meskipun game itu adalah sebuah game casual.

ada 2 jenis game yang saat ini ada dunia berdasarkan bentuknya, antara lain:

Dua Dimensi (2D)

Sekarang, game 2D sudah mulai jarang terlihat dan diminati para developer game. Mungkin hanya beberapa game, seperti Angry Birds buatan Rovio dan Plants vs. Zombies dari PopCap Games. Osu! juga termasuk game 2D.
osu! termasuk game dua dimensi
Tiga Dimensi (3D)
Game 3D saat ini adalah jenis game berdasarkan bentuk yang paling populer dan dimainkan. Berbagai game 3D sudah beredar dimana-mana. Offline maupun online, RPG, FPS, dan banyak lagi. Contohnya sudah sangat jelas, PES2014, Crysis, Battlefield, Mass Effect, Grid, dan lainnya.
Halo 4 merupakan game FPS yang modelnya 3D.
Tapi, bagaimana caranya? Ada beberapa cara dalam membuat game, antara lain:
  1. Pembuatan dengan menggunakan bahasa pemrograman. Setiap gerakan, munculnya objek, dan lain-lain diprogram dengan bahasa pemrograman dan menggunakan API (Application Programming Interface) berdasarkan DirectX/OpenGL. Ini akan sangat susah, dan hasil dari pembuatan game juga akan sulit dilihat sebelum game itu dikompilasi dahulu.
  2. Pembuatan dengan menggunakan Game Engine. Ini merupakan cara yang paling umum, bahkan perusahaan game-game besar pun menggunakan cara ini. Apa itu game engine? Akan saya jelaskan dibawah.
Apa itu game engine? Game engine adalah sistem software yang didesain untuk pembuatan dan pengembangan game itu sendiri. Dengan software ini, developer game bisa membuat game mereka dengan mudah. Secara garis kecilnya, game engine adalah software pembuat game. Saat ini, yang saya ketahui, game engine kebanyakan hanya membuat game tiga dimensi. Contoh:

  1. Unreal Engine 3/UDK, kalau tidak salah game engine ini yang membuat game Mass Effect 3 dan Devil May Cry 2013.
  2. CryEngine 3 SDK, game engine buatan Crytek yang digunakan untuk membuat game FPS Crysis.
  3. Unity, sebuah game engine yang mampu membuat game untuk semua platform. Dari Windows, Mac OS X, Linux, iOS, Android, PS3, hingga Nintendo Wii. Contoh game yang memakai engine ini adalah Bad Piggies dari Rovio, juga DreadOut, game horor buatan anak Indonesia yang saat ini masih tahap demo.
  4. Source Engine, game engine yang dikembangkan oleh Valve Software. Dari kata Valve, pasti kalian sudah tahu. Ya, Counter-Strike adalah game yang dibuat dari engine ini.

Sumber :

No comments:

Post a Comment