Thursday, December 31, 2015

Game Pro Evolution Soccer PES

Pro Evolution Soccer adalah salah satu game sepakbola virtual yang dikembangkan dan diluncurkan oleh Konami Computer Entertainment Tokyo, yaitu sebuah perusahaan Game Development di Jepang dengan bantuan produksi dari Tim Blue Sky. Pro Evolution Soccer atau biasa disingkat dengan PES dan dikenal di Asia dengan nama World Soccer Winning Eleven, Setiap tahunnya Game PES selalu merilis versi terbarunya, dimana saat ini telah muncul game PES versi 2013. PES adalah salah satu game yang bergenre Olahraga (Sports), yaitu permainan video game yang menuntut keterampilan pemain untuk melakukan pertandingan olahraga secara virtual, seperti pertandingan sepak bola, basket, tenis dan sebagainya. 



Permainan PES ini tersedia hampir di seluruh console game dan tesedia juga versi untuk PC. Permainan ini bisa dilakukan secara individu maupun multiplayer secara langsung dan online. Pro Evolution Soccer menyajikan virtualisasi permainan sepakbola yang sangat menarik dan hampir mendekati realistis, disini gamer dapat mengendalikan dan bermain sepakbola virtual selayaknya memainkan sepakbola nyata. 

Game ini juga sarat akan Artificial Inteligent (AI), dimana pergerakan dan respon pemain sepakbola dapat terlihat selayaknya pemain sepakbola yang nyata. Fitur tersebut didukung dengan user interface dan visualisasi game yang menarik, serta gameplay realistis sehingga permainan tersebut terlihat sangat menarik ketika dimainkan. 

Berikut ini review dalam game Pro Evolution Soccer :


SPESIFIKASI HARDWARE PC

Sistem Operasi: Microsoft Windows XP (SP3) / Windows Vista (SP1) / Windows 7
Processor : Core 2 Duo E6700 2.66GHz atau Athlon 64 X2 Dual Core 5800
VGA : GeForce 8800 GTS atau Radeon HD 3800 512MB dengan Pixel Shader 3.0
RAM : 2 GB
Sound Card : Sound Card yang kompatibel DirectX 9.0c
Hard disk : 8 GB 


USER INTERFACE

Game PES tidak diragukan lagi kualitasnya untuk sebuah simulasi permainan olahraga sepakbola, di karenakan kemampuan user interface yang menarik seperti dibawah ini :

  • User Friendliness dan Menu Interaktif

PES sangat mudah untuk di mainkan, bagi siapa saja dari anda yang mengerti atau bahkan sekedar pernah melihat orang bermain bola, pasti bisa memainkan game ini. Interface didesain secara sederhana tetapi menarik dan fungsional. Hal ini menjadikan PES sangat mudah dioperasikan oleh berbagai jenis user.




PES dengan menu - menu sederhana dan tampilan yang menarik. Sehingga permainan tidak terasa monoton atau membosankan. User tidak akan di bingungkan dengan keberadaan menu yang terlalu bercabang - cabang. PES memliki menu yang sederhana namun terarah. 

  • Tampilan Grafis

Kualitas grafis yang baik, tampilan yang elegan, ketajaman detail yang menawan, dan animasi yang halus dan tidak kaku, menjadi unggulan dari PES. Gambar/animasi dari tiap pemain lebih real(nyata) jadi seperti menonton pertandingan sepakbola di televisi.




Pergerakan dari tiap pemain sudah halus, dibuat seolah-olah mendekati nyata. Pencitraan pemain, mulai dari model rambut sampai dengan bentuk tato pada tubuh terlihat lebih realistis dan detail (urat, keringat, ekspresi muka pada saat selebrasi gol), sehingga pengidola pemain tertentu tentu dapat mengenali pemain kesayangannya dengan jelas. Selain itu detail yang ditunjukkan pada konsep lapangan dan kostum dari tiap tim ataupun negara sudah sama persis dengan yang asli. 





Gambar diatas adalah gambar pada saat akan melakukan pertandingan/ akan memulai game, dan gambar ketika terjadi gol. Nah dari gambar diatas ajah udah keliatan halus dari sisi grafis,lalu pemainnya sudah kelihatan seperti di dunia nyata, lalu komposisi pemain di tiap klub atau negara nya sudah hampir sama sesuai dengan yang di dunia nyata. 

  • Innovation and Lateral Thinking
PES 2010 menampilkan hal yang berbeda dibanding dengan permainan sepakbola yang lain, yaitu sistem kontrol 360 derajat. Sistem ini merupakan sebuah inovasi dari sistem lama yang hanya bisa bergerak ke 8 arah. Dengan fitur ini user bisa melakukan manuver dan dribling sesuai dengan keinginan dan kemampuan user. Karena dengan fitur ini user dapat menggerakan pemain secara 360 derajat, yang berarti anda dapat menggocek lawan dari berbagai arah atau free to move, berbagai cara, dan sama sekali tidak kaku. 

Sehingga interaksi yang didapat user dari layar akan lebih baik dan terasa lebih nyata (realistik). 



  • Animasi dan Dramatisasi

Dalam tampilan menu awal dan menu-menu berikutnya, background tidak monoton / hanya ditampilkan secara statis tetapi juga menggunakan animasi yang memanjakan mata user dan tidak membuat user cepat bosan. 


FITUR 

  • Artificial Inteligent (AI)

Pro Evolution Soccer adalah salah satu game yang sarat akan Artificial Inteligent atau kecerdasan buatan, diantaranya adalah :

ProActive AI

Adalah yang menyatukan kontrol dengan realisme yang ada di lapangan sepak bola. Fitur-fitur yang hadir antara lain Balance of Play, Tactical Precision dan Enhanced Goalkeepers. Ketiganya hadir untuk lebih menyeimbangkan permainan, memperbaiki hal-hal yang tidak mungkin terjadi didalam sebuah pertandingan sepak bola yang sebenarnya, dan memperbaiki AI dari kiper seperti reaksi, keefektifan bermain dan cara mengirim atau mengumpan yang lebih baik. 
Setiap kali bola berada di kekuasaan pemain, pemain kawan yang berpotensi menjadi target passing bola secara otomatis akan langsung bergerak cepat, mencari posisi terbaik untuk membuka sebuah celah untuk serangan langsung ke jantung pertahanan lawan. Para pemain belakang kini punya gaya pertahanan lebih baik dengan gerakan yang begitu alami. Kini mereka tidak hanya mengejar bola yang masuk dalam areanya, namun juga berupaya merebut bola tanpa melakukan kesalahan. 


Contoh lainnya adalah ketika terjadi serangan dan pemain lawan melakukan shooting ke arah gawang, secara otomatis kiper akan bergerak untuk menangkap maupun menghalau bola tersebut supaya tidak masuk ke dalam gawang. Tidak hanya sekedar bergantung pada AI, PES terdapat Complete Dribbling yang memungkinkan pemain untuk bergerak dan melakukan gerak tipu dengan lebih mudah maka permainan pun terasa sangat mengalir dan lebih menghibur.


Sehingga dengan AI yang lebih cerdas maka akan membuat permainan menjadi semakin nyata dengan bentuk permainan sepakbola sesungguhnya seperti respon pemain yang sangat cepat dan dapat membaca situasi dengan tepat. 

  • Pengukur Stamina
Pengukur stamina yang berbentuk ‘tingkatan/level’ kini lebih detail. Terlalu sering berlari dan mengiring bola pun akan menurunkan stamina para pemain dalam PES. 
  • Adaptive Reward
Kemampuan ini memungkinkan pemain dalam pertandingan sepakbola PES untuk mendapatkan ganjaran akibat dari perbuatan yang dilakukan, reward tersebut dapat berupa hal yang positif maupun hal yang negatif. Contoh dari hal positif reward adalah ketika dalam sebuah pertandingan terdapat pemain yang bermain secara bagus, memberi banyak assist, maupun mencetak banyak gol akan mendapatkan poin khusus yang dapat digunakan untuk meningkatkan poin skill mereka. 

Sedangkan contoh dari negatif reward adalah saat pemain melakukan tackling (menjegal) pemain lawan secara kasar, akan dikenakan kartu kuning maupun kartu merah sesuai dengan tingkat kekasaran yang dilakukan. Kartu merah akan diberikan kepada pemain ketika melakukan tackling yang sangat kasar atau pemain tersebut melakukan pelanggaran kepada pemain lawan yang berpotensi mencetak gol, pemain yang terkena katu merah otomatis langsung meninggalkan lapangan pertandingan sehingga mengurangi jumlah pemain dalam tim tersebut. Sedangkan kartu kuning diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran ringan, tetapi jika pemain mendapatkan dua kartu kuning maka secara otomatis pemain tersebut akan mendapatkan kartu merah dan harus keluar dari pertandingan tersebut.



  • Verbal Expression
Hal ini terlihat dari multi language yang di tawarkan oleh game ini. Selaih bisa memilih
bahasa yang akan di tampilakan pada tampilan menu, komentatornya pun bisa di setting
sesuai dengan bahasa yang kita inginkan. Fitur yang satu ini tidak asal bisa
menampilkan berbagai bahasa asing, tetapi tetap memperhatikan segi tata bahasa dan
pengucapan. 

  • Full Control
Fitur ini memiliki kemampuan kepada user untuk mengendalikan bola secara penuh serta leluasa. Sebut saja seperti, menerima bola dengan halus/kasar sampai menerima bola dengan cepat. Full control yang di sebutkan disini juga termasuk dalam hal mengoper bola. Ketika mengoper bola user bisa mengaturnya apakah bola yang di oper tersebut nantinya pelan atau keras. Sama halnya dengan Shooting (menendang ke arah gawang lawan), User juga bisa menendang secara halus atau pun kuat. 


  • Player ID
Fitur ini terbagi menjadi dua yaitu Player Individuality dan Individuality to Goalkeepers. Player Individuality adalah identitas (citra) para pemain dalam game ini. Seperti Ronaldo dengan “ancang-ancang” ketika mengambil tendangan bebas dan Messi dengan gocekan mautnya. Bahkan dalam PES pemain bisa melakukan selebrasi yang berbeda-beda, sesuai dalam aslinya. Player ID juga bertujuan agar para pemain bisa di kenali dari Attributnya saja. Sementara untuk Individuality to Goalkeepers di khususkan untuk penjaga gawang, penjaga gawang nantinya mempunyai “kekuatan” tersendiri dalam merespon bola.

  • Teammate Controls
Adalah kesempatan untuk menggerakkan pemain lain menggunakan skema kontrol yang baru. Bercermin dari keluhan gamer PES yang seringkali menyebut AI teman yang kurang adaptif untuk membaca gerak dan gaya bermain, Konami menghadirkan kebebasan lewat skema kontrol terbaru ini. Kini gamer tak perlu lagi mengandalkan kepintaran AI semata, User juga bisa memerintahkan pemain lain untuk bergerak maju atau bergerak sesuai keinginan user. 


  • Taktik dan Strategi
Mekanisme pengaturan taktik dan strategi dalam PES 2011 bersifat ‘Drag & Drop’. Tidak hanya sebatas pengaturan subtitusi dan perubahan pemain tetapi user juga sangat leluasa untuk mengatur strategi dan menyusun formasi sesuai dengan permainan tim. Pengaturan ini juga diberikan animasi singkat mengenai potensi strategi yang akan digunakannya.


 

  • Dukungan 3D
PES 2011 juga telah mengusung teknologi 3D yang akan membuat game ini serasa ‘hidup’. Gunakan kacamata khusus, maka gamer akan mendapati tampilan 3 dimensi layaknya pada film layar lebar. 


KESIMPULAN 

Game Pro Evolution Soccer adalah salah satu game yang sangat diminati oleh banyak kalangan hampir di seluruh dunia. Game ini menyediakan simulasi permainan sepakbola yang hampir nyata, dengan tampilan visual yang menarik serta mudah untuk di mainkan. Selain itu game PES ini juga sarat akan fitur dan teknologi Artificial Technology yang membuat permainan ini menjadi realistis, game kaya fitur ini memberikan sensasi tersendiri bagi user. Dan memberi pengalaman bagaimana mengatur sebuah tim sepakbola secara professional meskipun ini hanya permainan simulasi. Yang membuat user seperti turut menikmati sensasi pertandingan sepakbola sungguhan di stadion. 


Sumber:

No comments:

Post a Comment